Kolom Inspirasi

Manusia sejatinya hidup berdampingan dengan sesama. Hal tersebut akan terus berlangsung dan tidak dapat dipungkiri maupun dihindari. Bukan tanpa sebab, pada dasarnya manusia adalah mahluk sosial yang mana akan saling membutuhkan satu sama lain. Sayangnya, kini kepedulian antar sesama sudah sangat jarang diterapkan. Kemajuan teknologi justru membuat manusia saling bersaing dan melupakan kodratnya sendiri.

Jika terlalu lama berada pada kondisi seperti ini, manusia akan lebih cepat punah. Keadaan porak poranda dan pertengkaran bisa jadi timbul tak hanya sekali dua kali. Oleh karena itu kepedulian antar sesama harus kembali ditegakkan. Lantas bagaimana caranya agar kita dan generasi selanjutnya bisa meneruskan aksi baik ini?

Tentu saja kita harus memahami terlebih dahulu makna kepedulian. Peduli susungguhnya merupakan keadaan dimana kita menaruh perhatian terhadap kondisi di sekitar kita. Dengan peduli, kita juga biasanya akan bertindak proaktif sekaligus melibatkan diri pada hal yang sedang terjadi akhir – akhir ini. Kepedulian juga tidak hanya sekedar perasaan saja.

Wujud nyata sikap ini terlihat dari cara seseorang melakukan sesuatu demi memberikan perubahan baik di lingkungan sekitarnya. Belajar untuk menjadi peduli tidaklah sulit. Namun tentu saja, kita perlu membiasakan diri memperhatikan lingkungan sekitar kita ya Kawan. Cobalah untuk bertanya, mendengar, dan merekam segala hal yang terjadi yang membutuhkan perhatian lebih. Jangan lupa, ajak teman untuk berlatih aksi baik ini.

Share:

Tags: