Kolom Inspirasi

Menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain sepatutnya sudah merupakan tujuan bagi setiap manusia. Terlebih lagi sebagai Muslim, junjungan besar Rasulullah Muhammad SAW sangatlah menganjurkan agar perbuatan ini menjadi suatu kebiasaan baik yang dapat dilakukan sehari – hari. Bahkan terkait hal ini, dalam suatu hadist Beliau pernah bersabda,

“Sebaik – baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.” (HR. Ahmad, Thabrani, Daruqutni. Dishahihkan Al Albani dalam As-Silsilah As-Shahihah).

Menebar manfaat untuk orang lain memang tidak terdengar mudah. Namun bila dibandingkan dengan pahala yang akan kita terima, tentu perbuatan baik ini tidaklah berarti apa – apa. Untuk memulainya menjadi suatu kebiasaan kita dapat melakukan hal yang cukup sederhana. Tepat sekali, manfaatkan tenaga yang kita miliki untuk bisa membantu orang lain terutama kerabat dekat.

Jika Kawan masih dikaruniai kebahagiaan untuk melihat senyum orang tua, gunakanlah tenaga yang dimiliki untuk membantu mereka. Pekerjaan rumah yang bahkan tergolong sederhana  pun bisa menjadi area bagi Kawan untuk menebar manfaat kepada orang tua. Bahkan jika memiliki waktu yang cukup senggang dan luang, temanilah mengobrol dan dengarkan cerita serta nasihat mereka.

Hal kecil seperti ini terkadang sering kali dilewati oleh kebanyakan orang. Padahal sejatinya momen ini sangat berharga bagi sebagian orang terutama orang tua kita di masa tuanya. Meski bukanlah harta yang Kawan berikan pada mereka, namun sejatinya Allah SWT telah meridhoi kehidupan Kawan dengan keberkahan yang luar biasa karena telah menciptakan senyum di wajah orang tua.

Tunggu apa lagi? Yuk jadi pribadi yang bermanfaat mulai dari sekarang.

Share:

Tags: