Detail Info Terkini

Status Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara turun dari level IV (Awas) menjadi level III (Siaga). Gunung api yang memiliki ketinggian 2.460 meter di atas permukaan laut tersebut terakhir kali erupsi pada 28 Juli 2021.

"Berdasarkan hasil analisis data visual dan instrumental serta potensi ancaman bahayanya, dinilai tingkat aktivitas Sinabung dapat diturunkan dari Level Siaga ke Level Waspada terhitung mulai 17 Mei 2022 pukul 21 WIB," kata Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung, Badan Geologi dan PVMBG ArmenPutra, Kamis (19/5).

Armen mengatakan visual Gunung Sinabung periode 1 Januari - 17 Mei 2022 didominasi oleh asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis hingga tebal tinggi sekitar 50-500 meter dari puncak. Guguran masih terjadi, namun secara visual, jarak dan arah luncuran tidak teramati.

Menurut Armen secara visual pada periode 1 Januari - 17 Mei 2022 hembusan gas vulkanik masih sering terjadi dan teramati. Sedangkan guguran sesekali masih terjadi, namun jarak dan arah luncuran tidak teramati.

"Berdasarkan data pengamatan multi-parameter terkini dapat disimpulkan bahwa aktivitas vulkanik Gunung Sinabung saat ini menunjukkan kecenderungan stabil namun potensi letusan atau erupsi masih ada, " paparnya.

Namun begitu, Armen tetap mengingatkan agar masyarakat atau wisatawan tidak melakukan aktivitas di desa - desa yang sudah direlokasi, di dalam radius 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius 4,5 km untuk sektor selatan-timur Gunung Sinabung.

Sumber : Cnn.indonesia

Share:

Tags: